Gelar Desa In-Healthy, Panitia : Bangkitkan Kepedulian Kesehatan

oleh -
Kegiatan Desa In-Healthy yang dilaksanakan oleh Interprofesional Health Student Community (INHESTY) di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu (17/09).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Komunitas Kesehatan Makassar atau yang dikenal dengan Interprofesional Health Student Community (INHESTY) menggelar kegiatan Desa In-Healthy yang bertempat di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu (17/09).

Desa In-Healthy merupakan salah satu program kerja tahunan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan menyasar daerah yang kurang mendapat perhatian dari segi pelayanan kesehatan oleh pemerintah. Kegiatan ini mengusung tema “Desa Mandiri, Desa Bakti Pada Negeri”.

Ketua Panitia, Rahmat Ardiansyah Arlan mengungkapkan alasan diangkatnya tema tersebut bertujuan sebagai gerakan revolusioner dalam membangun sikap peduli terhadap kesehatan dimasyarakat.

“Tema ini kita angkat dengan tujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan,” ungkapnya kepada Kru Intelligent.

Senada dengan hal itu, Ketua Umum Komunitas Kesehatan Makassar, Andi Farid Irfansyah mengatakan kegiatan ini juga dilaksanakan agar masyarakat lebih memperhatikan kesehatan juga mandiri dalam pemanfaatan layanan kesehatan.

“Kegiatan ini ditujukan agar masyarakat nantinya dapat lebih memperhatikan kesehatan sehingga bisa lebih mandiri dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan kedepannya,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini diapresiasi baik oleh masyarakat setempat dengan pengadaan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan gratis.

Salah satu peserta Desa In-Healthy, Daeng Sore mengatakan apresiasinya kepada Komunitas Kesehatan Makassar yang memilih Desa Punaga sebagai lokasi kegiatan Desa In-Healthy walaupun memiliki lokasi yang cukup jauh.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman Komunitas Kesehatan Makassar dengan kunjungan ke Desa Punaga yang jaraknya cukup jauh untuk memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada kami,” tuturnya

*Reporter: Kru 15