Tumbuhkan Literasi Melalui Pelatihan Jurnalistik, LPM BIOma Gelar BIOTech

oleh -
Kegiatan BIOTeach yang dilaksanakan LPM BIOma UNM di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar.

MAKASSAR, INTELLIGENT – LPM BIOma UNM adakan kegiatan BIOma Teaching and Coaching Journalism (BIOTeach) di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar yang berlangsung selama 3 hari, yakni 17, 18, dan 24 September 2022.

BIOteach ialah bentuk pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di sekolah dengan melakukan pemberian materi dan pelatihan jurnalistik mengenai proses pembuatan berita, editing, hingga publikasi. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan BIOteach kali ini yaitu ‘’Bersinergi membangun jurnalis muda di era digital’’.

Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM, Ali Baba mengungkapkan makna dari diangkatnya tema tersebut ialah pentingnya peran jurnalis dalam pemberian informasi yang aktual dan faktual kepada masyarakat ditengah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Makna ini diangkat karena semakin berkembangnya teknologi semakin mudah berita didapatkan, diantara itu berita tidak sedikit yang termasuk berita hoax. Jadi, disitulah peran jurnalis harus memberikan informasi yang aktual dan faktual kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi peserta untuk dapat merealisasikan tridharma perguruan tinggi serta bertukar pikiran mengenai kejurnalistikan.

“Kegiatan yang dilakukan oleh LPM BIOma terdapat harapan khusus bagi peserta bisa merealisasikan tridharma perguruan tinggi juga wadah untuk bertukar pikiran atau sharing terkait dengan jurnalistik,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pemahaman literasi juga menumbuhkan pemahaman dalam dunia kejurnalistikan kepada peserta kegiatan BIOTeach.

Seperti yang disampaikan Ketua panitia BIOTeach, Siti Khadijah Rajwa dimana mengharapkan dengan melalui kegiatan ini bisa menjadi pendongkrak semangat peserta agar dapat memahami literasi juga pengetahuan jurnalistik agar kelak dapat menjadi insan pers yang berkompeten.

“Semoga dapat mendorong kemampuan adik-adik peserta BIOTech agar lebih memahami literasi melalui pelatihan jurnalistik ini guna menumbuhkan pemahaman adik-adik dalam dunia jurnalistik serta mencetak insan pers yang berkompeten dibidang jurnalistik,” harapnya.

*Reporter: Kru 02