Bentuk Pengabdian Masyarakat, HMJ Keperawatan Adakan Donor Darah

oleh -148 views

MAKASSAR,INTELLIGENT – Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan (HMJ-KEP) Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) menggelar kegiatan donor darah yang disambut antusias oleh para pendonor.

Antusias pendonor sudah mulai terlihat ketika awal kegiatan ini dilaksanankan. Terlihat dari beberapa pendonor sudah mulai datang ke lokasi kegiatan pukul 08.30 WITA Ketika panitia dan pihak PMI sedang bersiap-siap.

Ketua Panitia, Nur Handayani mengatakan, kegiatan donor darah ini tidak hanya untuk mahasiswa keperawatan,tetapi untuk semua jurusan dan kalangan umum. HMJ-KEP sebagai panitia bekerja sama dengan KSR Unit 127 dan PMI kota makassar.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan program tahunan oleh HMJ keperawatan untuk mewujudkan sifat pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya saat diwawancarai laboratorium Gadar Keperawatan, Jumat (15/3).

Pendonor harus melewati beberapa prosedur, sebelum menyumbangkan darahnya. Pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, calon pendonor harus melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar Hemoglobin.

Salah satu pendonor dan sekaligus pengurus HMJ,Sri Wahyuningsih Eka Saputra mengatakan kegiatan ini sangat bagus karena bisa membantu banyak orang yang sedang membutuhkan darah,dengan demikian pasokan darah bertambah untuk masyarakat yang sedang menbutuhkan.

“Kita dapat menjalin silatuhrahmi antar jurusan dan juga kan kita bekerja sama dengan PMI jadi yah menjalin kerja sama yang baik untuk masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya

Reporter: *Kru-Arf-Slf