Antisipasi Penyalahgunaan Narkotika UKM Ini Lakukan Tes Urine

oleh

MAKASSAR,  INTELLIGENT – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Anti Narkoba (GANK) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penyuluhan dan pemeriksaan urine terhadap mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Makassar (PKM) di hari ketiga PKKMB, Jumat (21/07).
Kordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Sulawesi Selatan, Nurhaedah mengatakan, tujuan utama pembetian materi terhadap mahasiwa yaitu memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa narkoba itu tidak di larang. Tetapi penyalahgunaannya yang di larang. 
“Yang terpenting bagaimana agar mahasiwa punya inisiatif sendiri untuk tidak menyalahgunakan narkoba, karena narkoba sangat berbahaya baik bagi dirinya, keluarganya maupun bagi lingkungannya” katanya. 
Lebih lanjut ia menambahkan, tes urine  adalah salah satu cara untuk mengetahui seseorang apakah positif atau negatif menggunakan narkoba. 
“Kita memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimna cara untuk mengetahui seseorang itu positif atau negatif narkoba salah satunya adalah melakukan tes urin” tambah Nurhaedah. 
Sementara itu Ketua GANK, Andi Wais Al Qarni berharap, agar kedepannya semua mahasiswa yang masuk di Politeknik Kesehatan Makassar harus melakukan pemeriksaan urine. 
“Saya berharap mahasiswa Poltekkes terbebas dari narkoba, bukan hanya beberapa orang saja yg di periksa melainkan seluruh mahasiswa yang ingin masuk atau bergabung pada Poltekkes di tes urine pada tes kesehatan nantinya, ” harap mahasiswa Analis Kesehatan ini selaku ketua GANK. 
Dari 15 mahasiswa yang melakukan tes urine, tidak di temukan mahasiswa yang positif menggunakan narkoba.

*Reporter : Kru/Ang/11