Profesi Dietisien dan Fisioterapi PKM Siap Beroperasi

oleh -
Profesi: Resmi dibuka prodi baru di Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM), Prodi Dietisien dan Prodi Fisioterapi, Kampus Daya PKM, Makassar.

MAKASSAR, INTELLIGENT –  Pendidikan profesi merupakan tahapan lanjutan dalam dunia pendidikan yang tak dapat dilewatkan bagi peserta didik pasca meraih gelar sarjana maupun diploma 4. Tidak dapat dipungkiri pendidikan profesi ini menjadi penting sebab termasuk sebagai syarat guna mendapatkan pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus.

Namun, untuk mendirikan program studi profesi di suatu institusi bukan merupakan hal yang mudah dan tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi pihak yang mengajukan permohonan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Diperlukan kesiapan yang matang dalam hal administrasi, pembiayaan dan tentunya optimisme yang besar.

Membuktikan integritasnya, Jurusan Gizi dan Fisioterapi mampu melewati tantangan tersebut. Kedua jurusan ini berhasil meyakinkan tim penilai untuk menyetujui didirikannya pendidikan profesi pertama di Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM).

Ketua Jurusan Gizi, Nadimin mengungkapkan beberapa persyaratan yang harus disiapkan diantaranya perangkat lunak berupa kurikulum, modul atau pedoman untuk magang disertai dengan instrumen penilaian. Tak lupa pula memberikan matrikulasi kepada CI (Clinical Instructor) dalam menyatukan persepsi.

“Oleh karena itu, mereka yang terlibat di lapangan nanti atau ataupun di Institusi kita akan diberikan pelatihan sehingga akan ada persamaan persepsi dalam melaksanakan bimbingan,” ujar beliau ketika ditemui di Ruang Administrasi Jurusan Gizi, Selasa (25/06).

Tidak jauh berbeda dengan Jurusan Gizi, Jurusan Fisioterapi juga menekankan adanya perbedaan yang signifikan antara Prodi Profesi dengan Prodi D3 dan D4, sehingga harus dipersiapkan secara matang.

Mengikut dari pernyataan tersebut, Ketua Jurusan Fisioterapi, Darwis Durahim membeberkan beberapa perbedaannya yaitu dalam sistem pembelajaran dan biaya pendidikan. Sistem pembelajaran pendidikan profesi sepenuhnya menghabiskan waktu pembelajaran di Rumah Sakit, namun adakalanya dosen hadir setidaknya dua kali untuk memberikan UTS dan UAS. Terkait biaya pendidikan profesi untuk lulusan D4 atau S1 Gizi dan Fisioterapi berkisar diangka Rp.9.500.000,00.

“Itu sudah masuk di PMK (Peraturan Menteri Kesehatan) bukan seenaknya kita menentukan sekian-sekian,” ungkapnya.

Pendaftaran pendidikan Profesi Dietisien  dan Fisioterapi pada tahun ini akan menjadi kemunculan perdananya meskipun pengumumannya dirangkaikan bersama prodi lainnya. Berbeda dengan prodi lain, karena izin operasional bagi Prodi Profesi Fisioterapi dan Gizi baru-baru ini telah diterbitkan, maka khusus bagi kedua prodi itu pendaftaran penerimaan mahasiswa baru rencananya dibuka pada tanggal 1 Juli 2019.

Reporter: *Kru-M47 *Kru-M52