Pembredelan LPM Lintas, LPM Se-Kota Makassar Gelar Aksi Solidaritas

oleh -
Massa aksi melakukan solidaritas menolak pembredelan LPM Lintas di Fly Over, Jalan Urip Sumoharjo, Sabtu (19/03)

MAKASSAR, INTELLIGENT — Merespon pembredelan LPM Lintas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Makassar dan Lembaga Pers Mahasiswa yang ada di Kota Makassar melangsungkan aksi solidaritas di Fly Over, Jalan Urip Sumoharjo, Sabtu (19/03).

Aksi yang dilakukan merupakan bentuk solidaritas terhadap LPM Lintas atas pembredelan yang diberlakukan oleh Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin.

Muadz selaku Jendral Lapangan (Jendlap) mengatakan bahwa aksi ini dilakukan guna menuntut Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon untuk mencabut Keputusan Rektor IAIN Ambon Nomor 92 Tahun 2022 tentang Pembekuan LPM Lintas serta mengusut kasus kekerasan seksual dikampusnya.

“Aksi ini dilakukan untuk bisa mendorong kampus IAIN Ambon untuk mencabut SK pembekuan LPM Lintas dan mengusut kasus kekerasan seksual yang ada di kampusnya,” tuturnya.

Sebelumnya, LPM Lintas menerbitkan laporan mengenai kasus kekerasan seksual yang ada di IAIN Ambon, laporan tersebut terbit dalam Majalah Lintas Edisi II Januari 2022.

Nunuk salah seorang peserta aksi mengungkapkan aksi ini dilakukan untuk menggalang solidaritas dan berdiri bersama LPM Lintas.

“Ini dilakukan untuk menggalang solidaritas seluas-luasnya agar berdiri bersama LPM Lintas,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan aksi ini juga sebagai bentuk mempererat hubungan silaturahmi LPM di Kota Makassar.

“Untuk mempererat lagi hubungan silaturahmi LPM di Makassar,” tambahnya.

Reporter: Kru 32