Implementasi Pengabdian Masyarakat, BEM PKM Gelar Bakti Sosial

oleh -
Kegiatan Bakti Sosial BEM PKM di Desa Bontomate'ne, Dusun Bungung Barana, Kabupaten Jeneponto, Sabtu (10/09).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Demi mewujudkan masyarakat sehat 2022, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan tema “Mengabdi dengan Aksi, Menebarkan Kepedulian untuk Masyarakat Lebih Sehat” yang dilaksanakan di Desa Bontomate’ne, Dusun Bungung Barana, Kabupaten Jeneponto, Sabtu (10/09).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari BEM PKM yang bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Presiden Mahasiswa BEM Polkesmas, Sulfikri Hidayat mengungkapkan alasan pemilihan lokasi kegiatan baksos sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus stunting yang terus meningkat di daerah tersebut.

“Dengan makin meningkatnya kasus stunting di Kabupaten Jeneponto maka dengan ini BEM PKM bergerak untuk mencegah stunting dengan melakukan penyuluhan juga pemeriksaan kesehatan,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan baksos ini BEM menggandeng mahasiswa dari berbagai jurusan di Polkesmas sebagai volunteer.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Panitia, Rahmawati bahwa mahasiswa juga turut serta dalam kegiatan baksos dengan melakukan pemeriksaan juga penyuluhan kepada masyarakat.

“Kami juga ada volunteer dari beberapa jurusan, yang dimana volunteer ini yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan ke masyarakat,” ujarnya via WhatsApp kepada kru Intelligent.

Ia pun juga bahwa kegiatan baksos ini menambah banyak pengalaman yang bisa didapat seperti rasa peduli untuk berbagi sampai mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia.

“Pengalaman yang berharga karena kita bisa menambah rasa kepeduliaan untuk berbagi juga mewujudkan rasa cinta kasih serta mempererat tali persaudaraan antara kita,” tutupnya.

Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan saat Bakti Sosial yaitu penyuluhan kesehatan dan kebersihan gigi, pemeriksaan Tekanan Darah, Tes Gula Darah, Asam Urat dan Cek Golongan Darah secara gratis kepada masyarakat, aksi penanaman tanaman obat keluarga (Toga), Terapi Manual dan juga Games.

*Reporter: Kru 03