Gelar Seminar Kesehatan, HMJ TLM Ajak Peserta Kenal Manajemen Laboratorium

oleh -
Kegiatan seminar kesehatan HMJ TLM yang dilaksanakan secara via Zoom Meeting, Sabtu (13/08)

MAKASSAR, INTELLIGENT Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) menggelar Seminar Kesehatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (13/08).

Kegiatan yang bertemakan “Penerapan Manajemen Laboratorium dan Quality Control dalam Era Digital” ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dengan mengangkat dua materi yaitu materi pertama Quality Control dan Penerapan di Laboratorium dan materi kedua Manajemen Mutu Laboratorium dalam Era Digital.

Ketua Panitia Seminar Kesehatan HMJ TLM, Zahratul Azizah mengungkapkan alasan diangkatnya tema tersebut untuk menambah pengetahuan mahasiswa/i Polkesmas tentang Teknologi Laboratorium Medis (TLM) dan Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) dalam manajemen Laboratorium.

“Semkes bertujuan untuk menambah wawasan terkait peran tlm dan atlm khususnya mengenai pengembangan keilmuan tentang manajemen laboratorium yang merupakan salah satu komponen ilmu yang penting dalam laboratorium patologi klinik,” ungkapnya kepada Kru Intelligent via Whatsapp.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara online agar mahasiswa TLM dan ATLM di Sulawesi Selatan (Sulsel) maupun diluar Sulsel dapat mengikuti kegiatan Seminar Kesehatan yang diselenggarakan.

“Supaya semua mahasiswa TLM dan ATLM Sulawesi Selatan
maupun diluar Sulsel dapat mengikuti kegitan kami,” tambahnya.

Ia pun menaruh harapan agar kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta yang telah mengikuti Seminar Kesehatan Tahun 2022 ini.

“Kami harapkan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kami selaku panitia dan serta para peserta,” harapnya.

Sementara itu, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari mahasiswi yang mengikuti kegiatan seminar kesehatan tersebut.

Hal ini di ungkapkan oleh salah satu mahasiswi jurusan Kesehatan Lingkungan, Diah Aditya Putri menuturkan bahwa kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa TLM, tetapi juga mahasiswa jurusan lain mendapatkan banyak ilmu.

“Manfaat yang saya dapat yaitu dimana hal ini tidak hanya mahasiswa TLM yang wajib mengetahui tentang manajemen laboratorium tetapi juga untuk umum salah satunya yaitu mahasiswa Kesehatan Lingkungan,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa seminar ini perlu diikuti oleh mahasiswa kesehatan diluar jurusan TLM maupun ATLM dikarenakan ilmu yang tidak mudah didapatkan selama perkuliahan selain dari jurusan terkait.

“Seminar ini juga perlu di ketahui untuk saya selaku mahasiswa jurusan Kesehatan Lingkungan, dimana tidak semua ilmu seperti ini dengan mudah didapatkan didalam perkuliahan terkhusus selain TLM,” ujarnya melalui via whatsapp.

*Reporter: Kru M-28