Daftar Aplikasi Smartphone Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

oleh -
Ilustrasi aplikasi pada smartphone (Foto: SectorQube)

MAKASSSAR, INTELLIGENT – Saat ini kita hidup di zaman dimana gawai seperti smarthphone sudah menjelma menjadi kebutuhan primer. Tak dipungkiri, kehadiran smartphone memang telah membantu memudahkan kehidupan sehari-hari.

Mulai dari mencari informasi, memesan makanan, memesan hotel, memesan tiket perjalanan, hingga berbelanja, semua hal itu kini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja jika memiliki smartphone.

Smartphone yang hadir untuk mempermudah kehidupan, hendaknya digunakan secara cerdas, terutama oleh pelajar dan mahasiswa sebagai kaum milenial yang seharusnya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Namun, generasi muda Indonesia kini seringkali dicap sebagai generasi alay atau generasi micin. Kehadiran smartphone banyak disalahgunakan. Seseorang bahkan dapat menghabiskan berjam-jam waktunya hanya sekedar bermain media sosial, membuat video aplikasi, hingga bermain gim online yang semakin menjadi candu.

Daripada hanya menggunakan smarphone hanya untuk menscroll sosial media atau bermain game saja, mari mulai menggunakan smartphone dalam berbagai hal positif, dimulai dari mengisi smartphone dengan aplikasi-aplikasi yang lebih berguna.

Dengan sikap yang bijaksana dalam memanfaatkan smartphone, maka kalian dapat menjadi lebih produktif dan tidak menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang memungkinkan membantu aktifitas kalian sebagai mahasiswa.

iPusnas

iPusnas adalah aplikasi Perpustakaan Digital Indonesia. Aplikasi ini sangat wajib kalian miliki, karena dapat menyediakan ribuan e-book yang dapat kalian jadikan referensi saat mengerjakan tugas. Selain buku ilmiah, iPusnas juga menyediakan berbagai jenis e-book lainnya seperti fiksi, puisi, sejarah, dll. Aplikasi ini tidak hanya dapat diakses melalui smartphone, namun bisa juga meggunakan laptop. Apalagi aplikasi ini gratis, kalian tinggal melakukan registrasi dengan akun email atau facebook.

CamScanner

Seringkali, guru atau dosen menyuruh kita untuk membuat hasil scan tugas-tugas yang masih dalam bentuk hardcopy. Mau beli alat scan, mahal. Mau bolak-balik ke toko foto copy yang menyediakan jasa scan juga sedang malas keluar rumah. Nah, bagi kalian yang sedang mengalami kegalauan seperti itu, sebaiknya segera unduh aplikasi CamScanner. Dengan aplikasi ini, kalian bisa men-scan semua berkas tersebut kedalam bentuk digital. Hasil scan yang diciptakan aplikasi ini juga sangat jernih, sehingga mirip dengan hasil dari scan.

Math Alarm Clock

Bagi kalian yang kesulitan bangun tidur, pasti selalu telat masuk kampus. Akhirnya dimarahi dosen, bahkan disuruh keluar kelas. Kalau begitu, kalian harus mencoba mengunduh aplikasi Math Alarm Clock. Berbeda dengan alarm biasanya, Math Alarm Clock hanya dapat dimatikan saat kalian sudah menyelesaikan tugas matematika yang diberikan terlebih dahulu. Benar-benar unik, dan dijamin membuat kalian mau tidak mau harus segera bangun.

WPS Office + PDF

Zaman sekarang, kita sangat sering diberikan tugas dalam bentuk dokumen softcopy. Mulai dari dokumen dalam bentuk word, excel hingga powerpoint. WPS Office sangat cocok untuk kalian unduh di smarpone, karena akan sangat memudahkan mengakses dokumen-dokumen tersebut. Membaca dokumen, mengeditnya, hingga membuat dokumen baru bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

Google Drive

Flashdisk seringkali digunakan sebagai wadah menyimpan file-file penting. Namun, bagaimana jika suatu hari flashdisk kalian kelupaan, hilang, atau bahkan rusak terkena virus. Bagaimana nasib file-file dalam flashdisk tersebut? File-file tersebut jelas hilang dan tak dapat diakses lagi.Terlebih ternyata file yang rusak tersebut adalah file skripsi yang sudah kalian kerjakan berbulan-bulan. Daripada mengambil risiko besar tersebut, lebih baik gunakan aplikasi Google Drive. Kehadiran Google Drive jauh lebih efektif dan dapat menggantikan flashdisk. Kalian bisa menyimpan file-file pada akun Google Drive kalian, dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara online.

Google Translate

Kehadiran Google Translate sangat memudahkan kita agar bisa mengakses semua bahasa di dunia. Kini tidak harus lagi buka tutup kamus hanya dengan mengunduh aplikasi ini. Tidak perlu lagi harus repot-repot membuka terjemahan melalui browser, tinggal gunakan aplikasi ini. Terlebih lagi, aplikasi milik perusahaan Google ini dapat diakses secara offline. Benar-benar sangat membantu dalam belajar bahasa di seluruh dunia.

Mamikos

Jika kalian adalah mahasiswa rantau dari daerah jauh, kalian wajib mengunduh aplikasi ini. Aplikasi Mamikos adalah aplikasi pencarian info kost terlengkap di Indonesia. Aplikasi ini memudahkan kalian melihat dan membandingkan harga-harga kos, juga memudahkan kalian berinteraksi langsung dengan pemilik kos tanpa harus jauh-jauh datang langsung ke kos tersebut. Daripada harus berkeliling mencari kos yang sesuai, jauh lebih efisien hanya dengan menggunakan aplikasi ini.

Todoist

Kalau kalian adalah salah satu mahasiswa yang aktif dan super sibuk, pasti memiliki jadwal yang padat dan sulit diatur. Ada baiknya kalian mencoba mengunduh aplikasi Todoist. Aplikasi ini akan sangat membantu untuk mengingatkan dan mengatur jadwal tugas dan hal-hal penting lainnya. Dengan segala kemudahan penggunaannya, aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang merasa super sibuk untuk mengatur jadwal.

 

 

*Reporter: Kru-03