Wadir I : PBM Semester Ganjil Masih Secara Daring

oleh -
Ilustrasi pembelajaran yang masih akan dilaksanakan secara daring

Makassar, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) akan tetap melaksanakan proses belajar mengajar secara daring pada awal semester ganjil tahun ajaran 2021/2022.

Proses belajar mengajar (PBM) yang bersifat teori tetap dilaksanakan secara daring, sedangkan untuk praktikum yang dilakukan di laboratorium maupun di klinik akan dilaksanakan secara luring dengan persyaratan yang sesuai dengan surat edaran

Hal ini diungkap oleh Wakil Direktur (wadir) 1, Dr. Rusli, SpFRS. Apt bahwa pembelajaran belajar mengajar akan dilaksanakan secara daring, sedangkan praktikum akan dilaksanakan secara luring. 

“Kalau yang bersifat teori masih daring, tapi kalau yang sifatnya praktikum di laboratorium dan praktik di klinik itu luring, dengan persyaratan-persyaratan sesuai edaran  dari pak direktur,” ungkapnya pada saat diwawancarai pada Selasa (25/05).

Ia juga menambahkan bahwa informasi mengenai kapan perkuliahan secara luring itu bisa dilaksanakan belum ada dikarenakan prosesnya yang lama dan juga belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah.

“Jadi sebenarnya, belum ada informasi kapan kita luring, karena prosesnya itu masih lama dan sekarang kita masih pandemi toh, belum ada pemberitahuan resmi dari pemerintah bahkan sekarangkan agak melunjak-melunjak sedikit ya, jadi belum ada informasi terkait kita mau luring teori,” tambahnya.

Sejumlah mahasiswa mengharapkan perkuliahan semester yang akan datang telah dapat dilaksanakan secara luring mengingat banyaknya kelemahan pada saat pelaksanaan kuliah daring selama ini.

Salah satu mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan, Try Wardani Abia mengatakan sangat setuju jika pembelajaran secara luring itu sudah bisa dilaksanakan dikarenakan pada saat proses pembelajaran secara daring ada banyak kendala yang bisa saja terjadi. 

“Kalau menurut saya secara pribadi sebagai mahasiswa sangat setuju jika pembelajaran secara luring sudah bisa dilaksanakan, mengapa saya mengatakan hal demikian karena seperti yang kita ketahui pada saat proses belajar daring itu ada banyak kendala yang bisa saja terjadi ” ujarnya.  

Selain itu, Intan Purnamasari Pama, dari jurusan Analis Kesehatan juga berharap agar perkuliahan secara luring sudah bisa dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Kalau ditanya mengenai pendapat perkuliahan secara luring, saya sangat setuju dan berharap bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini, terlebih lagi kan jurusan saya yang diploma 3 memang lebih berfokus ke praktek, dan saya rasa praktek jauh lebih efektif bila dilaksanakan secara luring”, harapnya.