Seminar Anti Narkoba Bahas Ancaman Kesehatan Mental di Masa Pandemi

oleh -
Sharing session menjaga kesehatan mental di tengah pandemi oleh Psikolog Klinis Pertama BNNP Sulsel dalam Seminar Anti Narkoba GANK PKM secara daring, Minggu (11/10).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Unit Kegiatan Mahasiswa Gerakan Anti Narkoba Keluarga Poltekkes Kemenkes Makassar (UKM GANK PKM) mengadakan Seminar Anti Narkoba dengan tema “Pencegahan Dini Penyalahgunaan Narkoba dan Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19”.

Selain mengupas materi tentang penyalahgunaan narkoba, seminar yang diadakan secara daring pada Minggu (11/10) juga membahas ancaman kesehatan mental yang rentan diderita di masa pandemi ini.

Kesehatan mental menjadi salah satu yang sangat perlu dijaga dalam masa pandemi Covid-19. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pandemi Covid-19 ini bukan hanya mengancam kesehatan masyarakat secara fisik saja, namun juga secara mental.

Ketua panitia Seminar Anti Narkoba, Rizki Fitri mengatakan bahwa pembahasan kesehatan mental dalam seminar tersebut diadakan sebab kini masyarakat tengah menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan.

“Alasan kami mengapa menambahkan poin kesehatan mental karena kita tahu saat ini pandemi Covid-19 menyita seluruh perhatian kita. Tapi jangan lupa ancaman narkoba yang lebih berbahaya di masa depan juga belum berakhir,” ujarnya saat dimintai keterangan via Whatsapp.

Sementara itu, peserta Seminar Anti Narkoba juga antusias mengikuti seminar tersebut karena selain topiknya yang bermanfaat bagi kehidupan di saat pandemi, materi yang dibawakan juga dinilai interaktif dan memotivasi.

Hal tersebut diungkapkan peserta seminar dari Jurusan Kebidanan, Andi Diana Damayanti Hasba. Dia berpendapat, pembawaan materi dalam Seminar Anti Narkoba mampu membuat peserta tidak merasa bosan.

”Pembawaan materinya sangat bagus, tidak membuat bosan serta membuat saya sebagai para peserta bersemangat, lalu materi yang dibawakan sangat-sangat bagus serta dapat dijadikan pedoman serta motivasi untuk di kehidupan kita apalagi di situasi pandemi yang seperti ini,” katanya.

*Reporter: Kru-M19