Perketat Mekanisme Wisuda, Polkesmas Wajibkan Swab Anti-gen

oleh -
Ilustrasi pelaksanaan wisuda (sumber https://www.freepik.com/free-photo/group-students-celebrating-graduation-together-wearing-face-masks_15038046.htm)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Dalam pelaksanaan wisuda tahun ini Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) mengalami perubahan mekanisme dari sebelumnya dalam rangka pencegahan pandemi covid-19.

Mekanisme pelaksanaan wisuda tahun ini menambahkan swab antigen dan penggunaan aplikasi peduli lindungi sebagai syarat untuk dapat mengikuti wisuda.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Subbagian Administrasi Akademik, Dwi Sartika, S.ST. Ia mengatakan bahwa mahasiswa akan melakukan swab antigen sehari sebelum pelaksanaan dan memggunakan aplikasi peduli lindungi.

“H-1 sebelum kegiatan kami sampaikan dimana mereka akan di SWAB Anti Gen. Karena pada saat masuk mereka harus memakai aplikasi Peduli Lindungi.” ujarnya kepada Kru LPM Intelligent.

Ia pun menambahkan bahwa pelaksaan swab antigen ini dilakukan sesuai dengan lokasi yang diterapkan oleh Polkesmas agar hasil swab dapat terkoneksi dengan aplikasi peduli lindungi.

“Kami sampaikan dimana mereka akan diswab antigen, tempat swab itu harus terkoneksi dengan aplikasi peduli lindungi lalu kami fasilitasi jurusan segini sekian swab antigen. paymentnya oleh kampus,” tambahnya.

Namun terkait perwakilan keluarga wisudawan akan diadakan pembatasan. Hanya mahasiswa dengan peringkat 1 sampai 3 saja yang dapat menghadirkan orang tua dengan minimal 1 orang.

“Kecuali mahasiswa peringkat 1-3 dari jurusannya, tapi hanya 1 orang saja (perwakilan),” ujarnya.

Wisuda dilaksanakan dari tanggal 27 hingga 28 Oktober dengan jumlah 1271 peserta wisuda dari 8 jurusan. Menggunakan mekanisme semi offline sehingga mahasiswa yang tak dapat menghadiri secara langsung dapat mengikuti wisuda secara daring.

*Reporter: Kru M-38