Penutupan PKKMB 2022, Polkesmas Tiadakan Pengenalan Tiap Jurusan

oleh -
Ilustrasi: Pemberitahuan Peniadaan PKKMB Tiap Jurusan

MAKASSAR, INTELLIGENT – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) tahun ini tiadakan kegiatan pengenalan jurusan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) sebagai acara penutupan yang akan dilaksanakan tepat pada Jumat (15/07).

Berbeda dengan penutupan pada PKKMB sebelumnya yang dilaksanakan dengan luring dijurusan masing-masing, penutupan tahun ini meniadakan pengenalan jurusan oleh pihak HMJ sesuai dengan Surat Keputusan yang diturunkan.

Seperti yang diungkap oleh Kepala Sub-bagian (Kasubag) Akademik, Dwi Sartika, S.ST mengungkapkan agenda untuk pengenalan jurusan oleh pihak HMJ tahun ini batal dilaksanakan karena adanya tindak senioritas yang terjadi dijurusan dan juga surat keputusan dari pusat.

“Yang sudah kita ketahui bersama ternyata ada senioritas dijurusan, dan kita tidak bisa menjamin keamanannya mahasiswa baru, kemudian ada instruksi dari pusat, PKKMB dijurusan itu dibatalkan,” ungkapnya pada Kru Intelligent.

Ia pun menambahkan bahwa keputusan ini sudah dirapatkan bersama dengan setiap Ketua Jurusan (Kajur) yang ada di Polkesmas.

“Sudah dirapatkan tadi sama jurusan, seluruh informasi itu ketua jurusan sudah tau,” tambahnya.

Disisi lain, peniadaan pengenalan jurusan oleh HMJ pada tahun ini membuat banyak dari pihak HMJ merasa kecewa.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum HMJ Jurusan Kebidanan, Andi Nur Ainun Putri Apat mengatakan kekecewaannya terhadap keputusan ini yang tak sebanding dengan waktu dan juga tenaga yang telah dicurahkan dalam persiapan pengenalan masing-masing jurusan yang batal dilaksanakan.

“Mirisnya kami dari teman-teman himpunan ada yang rela kembali ke makassar demi mempersiapkan ruangan yang akan digunakan untuk PKKMB jurusan nantinya, ada beberapa teman-teman himpunan yang sudah ada sejak pagi menyiapkan segala persiapan tapi alhasil PKKMB jurusan ditiadakan,” ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa pengenalan jurusan merupakan hal penting untuk diketahui oleh mahasiswa baru nantinya.

“Padahal bagi kami ini merupakan hal yang penting dan khusus membahas lingkup jurusan,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa walaupun rasa kecewa tak dapat dipungkiri adanya tapi itu tak menurunkan semangat dari pihak himpunan agar tetap terus berjalan.

“Kecewa tentu, tapi hal ini tidak menurunkan semangatnya kami dari pihak himpunan untuk tetap maju dan berjaya,” tutupnya.

*Reporter : Kru 03