Pengumuman Ukom Tak Kunjung Keluar, Jadwal Wisuda POLKESMAS Alami Pengunduran

oleh -
Ilustrasi jadwal wisuda Polkesmas yang mengalami pengunduran

MAKASSAR, INTELLIGENT –. Jadwal pelaksanaan wisuda mahasiswa Poltekkes Kemebkes Makassar (Polkesmas) mengalami pengunduran dari jadwal akademik yang tertera untuk tahun 2021-2022.

Wisuda yang seharusnya terlaksana pada tanggal 22 hingga 23 September ini mengalami penundaan diakibatkan oleh pengumuman ujian kompetensi (Ukom) yang belum keluar.

Hal tersebut diutarakan Pejabat Pembuat Komitmen sekaligus Staf Keuangan Polkesmas, Ilham Putra Utama, S.E. bahwa jadwal wisuda pada saat ini di undurkan karna hasil ukom belum keluar.

“Iya jadwal wisuda ini di undur karna kami butuh pengumuman hasil ukom dari setiap jurusan untuk di jadikan data data” ungkapnya

Ia pun menambahkan bahwa pihak direktorat belum bisa memberikan waktu wisuda secara pasti mengingat banyaknya hal yang harus disiapkan sebelum melaksanakan wisuda tahun ini.

“semuanya itu butuh proses, pasti saya butuh proses. Saya tidak bisa berani bilang karna kami butuh proses, mana hotel saya harus lelang bukan waktu yang singkat jadi kalau saya bilang seminggu 2 Minggu itu kurang pasti, mungkin sekitar 2 mingguan kalau pengumuman ukom sudah keluar,”

Di sisi lain mahasiswa tampaknya merasa resah karna pengumuman kelulusan yang belum pasti adanya.

Seperti yang diungkapkan mahasiswa jurusan keperawatan Nur Antika Airanti bahwa ia merasa cemas akibat belum adanya hasil ukom yang keluar

“Apa di’ banyak cemas ta sih karna kan di tau mi dek sampai sekarang belumpi ada pengumuman pdhl itu mi jadi penentunya kami,”

Selain rasa cemas, beberapa mahasiswa juga mencoba melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi selagi menunggu hasil keputusan ukom yang belum keluar saat ini.

Seperti yang diungkapkan oleh mahasiswa jurusan gizi Veby. P Manguma bahwa selagi menunggu keputusan ukom ia melanjutkan studinya ke tingkat profesi.

“Kalau saya pribadi nda masalah jii dek, jadi sembari menunggu jadwal wisuda saya juga sambil kuliah profesi, supaya waktu nda terbuang sia-sia karena saya sudah lulus di ukom gelombang 1 jadi lebih baik saya lanjut kuliah saja dulu, karna belum bisa urus str,”

Harapan diberikan oleh mahasiswa jurusan keperawatan Muhammad Auliyah Ahda bahwa adanya perkiraan waktu yang diberikan oleh direktorat kepada mahasiswa dan adanya wisuda semi offline untuk membantu teman teman yang telah melanjutkan studinya diluar kota.

“Harapan ku sih dek mungkin pihak kampus bisa lah memberikan perkiraan wisuda kapan serta perkiraan biayanya berapa dan juga kalo bisa misalnya wisudanya offline nanti bisa lah ada kebijakan yang kuliah di luar kota bisa mengikutinya secara online berhubung juga ini padat sekali jadwal , apalagi teman-temanku banyak yang melanjutkan pendidikan di luar ada yang di palu dan di solo,”

*Reporter: Kru M-34