Mahasiswa Polkesmas Turun Aksi, Presma: Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

oleh -
Mahasiswa Polkesmas Turun Aksi Serentak "Reformasi Jilid II"

MAKASSAR, INTELLIGENT- Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Mahasiswa Makassar (AMM) turut serta dalam aksi serentak “Reformasi Jilid II” yang dilaksanakan di depan gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (11/04).

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) selaku representasi gerakan mahasiswa dengan pergerakannya yang kompleks, mengumpulkan massa aksi dari 8 Jurusan yang ada di Polkesmas.

Sulfikri Hidayat selaku Presiden Mahasiswa (Presma) mengungkapkan bahwa Polkesmas memiliki Tri Dharma perguruan tinggi yang dimana, poin ketiga mengenai pengabdian kepada masyarakat. Aksi inipun dilakukan sebagai bentuk dari kepedulian kepada masyarakat.

“Polkesmas memiliki tri dharma perguruan tinggi yaitu pada poin ketiga pengabdian pada masyarakat. Pengabdian pada masyarakat itu bukan hanya sebatas kita turun untuk PKL saja atau hanya membuat survei tapi ini salah satu satu bentuk kepedulian kita kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa massa aksi dari mahasiswa Polkesmas yang turun kurang lebih berjumlah 100 orang untuk 8 jurusan yang ada di Polkesmas.

“Massa aksi yang kami turunkan kemarin ada kurang lebih 100 orang dan untuk semua jurusan, semua jurusan terlibat di dalam aksi unjuk rasa ini,” tambahnya.

Andi Muhammad Syarif selaku mahasiswa Polkesmas yang ikut turun dalam aksi unjuk rasa “Reformasi Jilid II” menyampaikan dengan turut terlibatnya Polkesmas ia berharap agar mahasiswa mampu mengimplementasikan dengan baik ilmu kesehatan yang diperoleh dari dalam kampus.

“Apa yang kita peroleh di dalam kampus sebagai tenaga kesehatan langsung kita aplikasikan ke jalanan, jadi kita ikut andil dalam demonstrasi kali ini sebagai paramadis bagi demonstran,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tujuan yang ingin dicapai dengan ikut terlibatnya Polkesmas adalah perealisasian oleh pemerintah mengenai 22 tuntutan yang dilayangkan.

“Tujuan yang ingin kita capai tentunya ada perealisasian oleh pemerintah, itulah guna dari demonstrasi yang dimana menyuarakan aspirasi dari masyarakat sekitar. Titik fokus utama kita tentu semua aspirasi yang ada, ada 22 isu yang menjadi fokus untuk diangkat,” tutupnya.

*Reporter: Kru 33