Lewat Semkes, HMJ Analis Kenalkan Peran ATLM di Era Pandemi

oleh -
Seminar Kesehatan 2020 yang diselenggarakan oleh HMJ AK PKM melalui Zoom dan YouTube, Sabtu (05/12).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Himpunan Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar (HMJ AK PKM) menggelar Seminar Kesehatan (Semkes) di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Seminar tersebut mengusung tema “Optimalisasi Peran Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) dalam Penegakan Diangnosa Laboratorium di Era Pandemi Covid-19” yang bertujuan untuk menambah wawasan dan mengenal lebih dekat peran profesi ATLM.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua HMJ AK PKM, Harlinda. Ia mengatakan, seminar ini dilaksanakan agar dapat menambah wawasan terkait profesi ATLM yang sangat berperan penting dalam penegakan diagnosa laboratorium selama masa pandemi.

“Di tengah pandemi seperti saat ini ATLM merupakan profesi yang tentunya mengambil peranan penting dalam pemeriksaan sampel pasien Covid-19 dan untuk mengetahui peranan ATLM lebih dalam, maka kami mengadakan kegiatan seminar kesehatan ini,” tuturnya kala sambutan pembukaan Semkes 2020.

Antusias peserta dalam mengikuti seminar yang dilakukan pada Sabtu (05/12) terbilang tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang turut hadir baik melalui platform Zoom maupun streaming YouTube.

Salah satu peserta dari Program Studi D.IV Analis Kesehatan, Amaliah Khoirunnisa Rusisah menyampaikan tanggapannya terkait materi dalam webinar tersebut yang dinilai sangat bermanfaat, khususnya bagi calon ATLM.

“Menurut saya webinar yang diadakan oleh HMJ AK itu sangat bermanfaat, walaupun kami belum terjun langsung dalam penanganan Covid itu sendiri, tetapi kita sudah bisa tau dasar-dasar dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Akhir acara ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta seminar melalui aplikasi Zoom dan live streaming di channnel YouTube HMJ Analis Kesehatan PKM yang ikut disaksikan oleh masyarakat luas sebagai upaya pengenalan profesi ATLM.

*Reporter: Kru-M23