Kampanyekan Darurat Iklim, XR Makassar Gelar Aksi di Pulau Kodingareng

oleh -
Aksi Darurat Krisis Iklmi di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sengjarrang, Makasaar, Senin (22/02).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Extinction Rebellion Makassar (XR Makassar) menggelar Aksi Darurat Krisis Iklim di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Senin (22/02).

Aksi yang dilakukan guna mengampanyekan keadaan darurat iklim dan ekologi yang mengancam kesejahteraan dan seluruh kehidupan di bumi.

Salah satu peserta aksi Yudi menuturkan bahwa Extinction Rebellion adalah gerakan non-partisan internasional yang berbasis otonom yang menggunakan aksi damai tanpa kekerasan dalam setiap aksinya.

“Extinction Rebellion atau yang biasa disingkat XR adalah gerakan internasional non hierarkis yang bebas dari kekuasaan terpusat untuk mewujudkan keadilan iklim antar generasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yudi juga mengungkapkan bahwa aksi yang dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat luas terkhusus untuk pemerintah mengenai dampak krisis iklim dan ekologi yang terjadi pada hari ini.

“Sebagai pesan kepada masyarakat luas, khususnya pemerintah untuk serius menanggapi situasi kritis perubahan iklim dengan menyatakan deklarasi darurat iklim,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan bahwa dampak krisis iklim hari ini mengancam kehidupan manusia khususnya masyarakat di wilayah pesisir.

“Salah satu dampak dari krisis iklim adalah meningkatnya emisi gas karbon dan gas di rumah kaca menyebabkan naiknya permukaan air laut, yang akan mengancam ekosistem dan kehidupan manusia khususnya yang bermukim di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil,” tutupnya.

*Reporter: Kru 02