Gelar seminar, GANK PKM ajak peserta menambah pengetahuan tentang rehabilitasi

oleh -
Seminar anti narkoba nasional. Via daring, Minggu(19/09).

MAKASSAR INTELLIGENT – Unit Kegiatan Mahasiswa Gerakan Anti Narkoba Keluarga Poltekkes Kemenkes Makassar menggelar seminar Anti Narkoba Nasional pada Minggu 19 September 2021 secara daring melalui via zoom.

Kegiatan yang bertemakan “Membangun masa depan bebas narkoba dengan mengubah spekulasi terhadap rehabilitasi sebagai agen perubahan yang intelektual di era Covid-19” ini. mempersiapkan 2 pemateri dari BNN Provinsi Sulawesi Selatan dan juga pemateri dari promotor kesehatan masyarakat.

Ketua panitia seminar anti narkoba nasional GANK PKM, Putri Sri Saqinah Sudirman mengungkapkan alasan diangkatnya tema tersebut karena ingin menambah pengetahuan khalayak luas utamanya generasi muda mengenai rehabilitasi.

“Karena masih banyak stigma stigma negatif di masyarakat yang beredar mengenai rehabilitasi dan hal ini yang buat para penyalahguna tidak mau menjalankan rehabilitasi karena takut mempengaruhi kehidupan individu maupun keluarganya di lingkungan sosialnya” Ungkapnya saat di wawancarai kru LPM intelligent.

Ia pun menambahkan untuk para generasi muda agar bisa berperan untuk mengedukasi orang orang disekitarnya tentang rehabilitasi baik di situasi pandemi dan serba virtual seperti sekarang ini.

Ketua panitia pelaksana seminar anti narkoba nasional ini banyak menaruh harapan kepada para peserta yang ikut pada kegiatan seminar ini.

“Harapan saya untuk para peserta yg mengikuti kegiatan ini dapat mengubah spekulasinya mengenai proses rehabilitasi dan bisa mengedukasi orang lain agar orang orang yg memang membutuhkan rehabilitasi tidak mendapatkan imbas dari stigma negatif yang beredar di masyarakat. seminar ini juga diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan manfaat ” tuturnya.

Sementara itu, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari mahasiswi yang mengikuti kegiatan seminar tersebut.

Hal ini di ungkapkan oleh salah satu mahasiswa jurusan TLM, Andi Rafiqah Thayyibah bahwa kegiatan ini sangat membantu mahasiswa untuk lebih aware di dunia perkuliahan yang sangat rentan terjerat kasus kasus yang berbaya seperti kasus narkoba.

“Seminar dari ukm gank pkm itu sangat seru dan antusias kak. Karena selain memperdalam pengetahuan tentang jenis jenis narkoba yang lama dan baru, saya juga dapat memahami faktor apa saja yang dapat memicu penyalahgunaan narkoba”. ujarnya .

*Reporter: Kru M-31