Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Polkesmas Buka Pos Vaksinasi

oleh -
Ilustrasi pemberian vaksin polkesmas

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) kembali membuka pos vaksinasi yang diadakan sejak 7 Juli hingga 8 Juli 2021, dengan menargetkan para mahasiswa dan alumni.

Setelah mendapat arahan dari Kapusdik SDMK Kemenkes RI, untuk setiap Poltekkes diberi target memberikan 1000 vaksin per bulan dengan sasaran prioritas adalah mahasiswa. Sebanyak kurang lebih 300 mahasiswa yang telah mendaftar untuk divaksin.

Penanggung Jawab Pos Vaksinasi Polkesmas, Dr. Siti Nurul Fajriah, S.Pd, S.Ft.Physio, M.Kes juga mengungkapkan bahwa Polkesmas berencana membuka pos vaksinasi tiap minggunya apabila terdapat banyak mahasiswa yang mendaftarkan diri.

“Direncanakan dua hari dalam setiap minggu akan dilaksanakan vaksinasi, disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada. Insya Allah besok tangal 7-8 juli akan dilaksnakan vaksinasi,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk saat ini ada banyak kegiatan publik yang mewajibkan adanya surat keterangan telah divaksinasi, dan untuk Polkesmas sendiri mewajibkan mahasiswa yang akan wisuda dan praktek klinik untuk divaksin.

“Saat ini berbagai aktivitas publik mewajibkan vaksinasi. Untuk Polkesmas diprioritaskan bagi mahasiswa yang akan wisuda, praktek klinik atau lapangan dan laboratorium. Jika ada yg menolak bisa terkendali dengan kegiatan akademik baik internal maupun eksternal,” tuturnya.

Disisi lain, tak bisa kita pungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang masih ragu dan takut untuk divaksin, padahal pemerintah indonesia sedang gencar-gencarnya mengedukasi masyarakat untuk melakukan vaksin.

Salah satu Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, Anggara Prima mengungkapkan bahwa dari apa yang ia lihat dan cerita orang-orang disekitarnya saat telah divaksin imun tubuhnya tiba-tiba menurun, sehingga timbul keraguan jika vaksin ini mempertahankan imun tubuh.

“Dari apa yang saya lihat dan apa yang dicerita dari orang-orang disekitar itu bahwasanya vaksin itu sebenarnya guna memperkuat imun tubuh, tapi dari pengalaman dan apa yang saya lihat itu vaksin ini sebenarnya bisa saja menurunkan imun tubuh. Kenapa saya bilang begitu,  Karena ada Pasien yang saya tahukan itu. Setelah vaksin ini hari, besoknya imun tubuhnya rendah,” terangnya, Rabu (7/7).

*Reporter: Kru M-33