Bangkitkan Semangat Berwirausaha, HMJ Farmasi Gelar Webinar Nasional

oleh -
Webinar Nasional bertema "Developing Enterpeneurial Spirit of Pharmapreneur" yang diadakan oleh HMJ Farmasi PKM secara daring, Minggu (22/11).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar (HMJ Farmasi PKM) menggelar Webinar Nasional yang bertujuan untuk mengajak mahasiswa Farmasi berwirausaha di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (22/11) ini bertemakan “Developing Entrepreneurial Spirit of Pharmapreneur” yang dihadiri oleh 2 pembicara yakni Direktur Perseroan Terbatas (PT) Ismut Fitomedika Indonesia yang menyajikan materi bertajuk “Membangun Jiwa Kewirausahaan pasca Pandemi Covid-19” serta Tim Teknis Perizinan Sektor Kesehatan yang membahas tentang “Perizinan Berusaha di Bidang Kefarmasian.”

Dalam paparannya saat membawakan materi, Direktur PT. Ismut Fitomedika Indonesia, Dr. Mansur Ibrahim, M.Kes menekankan bahwa peserta webinar harus memiliki semangat berwirausaha, sebab melalui wirausaha dapat mendatangkan sejumlah keuntungan.

“Kenapa saya tekankan untuk harus berwirausaha, karena kalau kita berwirausaha tentunya kita mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi, dapat mengatur diri sendiri, dapat prestise (kebanggaan-red) yang muncul dari dalam diri sendiri, keluarga,” tuturnya.

Pandemi Covid-19 berdampak pada segala sektor kehidupan, terutama dalam segi perekonomian. Masa pagebluk menuntut setiap kalangan, termasuk tenaga kesehatan di bidang Farmasi untuk mampu berwirausaha pada kondisi saat ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Panitia Webinar, Siti Humairah Lailatul Hijrah mengatakan, webinar ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan khususnya di bidang kefarmasian dengan mencari penghasilan dan menyalurkan kreativitas yang dimiliki.

“Dimana dalam era new normal sekarang ini kan banyak yang terkena dampak dari pandemi Covid-19, khususnya untuk tenaga kefarmasian. Nah, maka dari itu kami selaku panitia pelaksana berinisiatif untuk mengangkat tema tersebut karena jiwa wirausaha itu bisa dikatakan jiwa kemandirian untuk mencari sumber penghasilan. Ini sangat penting diketahui khususnya untuk tenaga kefarmasian,” ujarnya.

*Reporter: Kru-M23